Jumat, Maret 26, 2010

Blogger Berintegrasi dengan Amazon Associates

Sumber: Blogger Buzz

Berikut adalah terjemahan tidak resmi posting tentang program afiliasi dari Blogspot (Blogger) dengan Amazon Associates.

Awal tahun ini kami menyederhanakan proses monetizing blog dengan menambahkan tab "Monetize" di Blogger. Kami awali dengan AdSense; Anda bisa menambahkan iklan kontekstual yang sesuai dengan posting di blog. Kemudian ada AdSense for Feeds yang membantu Anda memperoleh penghasilan dari distribusi blog Anda melalui RSS dan Atom.

Kini kami memberikan opsi ketiga: integrasi langsung dengan Amazon Associates untuk pencarian catalog produk Amazon dan penambahan tautan (links) ke produk-produk yang bisa memberi Anda komisi jika para pembaca blog Anda membeli produk-produk yang Anda tulis dan rekomendasikan di blog.



Kelebihan fitur ini, Anda bisa melakukan pencarian ke Amazon langsung dari halaman editor Blogger dan menambahkan gambar serta tautan (links) ke produk-produk Amazon langsung ke posting atau artikel. Para pembaca secara tidak langsung akan memberi Anda komisi jika mereka membeli produk atau barang yang Anda rekomendasikan. 

Jika belum memiliki akun (account) Amazon Associates, Anda bisa mendaftarkan (sign up) satu akun gratis tanpa harus meninggalkan Blogger.

Jika pernah menulis posting blog mengenai buku, merekomendasikan gadget, atau membuat review produk mainan yang dibeli buat anak-anak Anda, berarti Anda sudah mengalami proses membuat draft posting (drafting of post), membuka tab atau window browser terpisah untuk mencari situs yang menjual produk, dan kemudian kembali lagi ke Blogger untuk kopas (kopi paste) tautan atau link produk tersebut di halaman editor Blogger.

Mulai sekarang, Anda bisa mencari katalog produk Amazon tanpa meninggalkan antarmuka (interface) Blogger dan memasukkan tautan produk yang Anda temukan ke dalam postingan. Tidak hanya proses pembuatan tautan (linking) produk yang jadi lebih efisien, tetapi Amazon juga mempermudah Anda mendapatkan uang jika para pembaca benar-benar membeli produk-produk yang Anda tulis. Hal ini dikenal sebagai program afiliasi (affiliate program).

Program afiliasi dirancang agar Anda bisa merekomendasikan produk-produk ke audiens (pembaca blog) Anda. Jika mereka membeli produk yang tertulis di blog Anda, maka Anda akan mendapatkan komisi atas pembelian itu. (Lebih jauh tentang affiliate programs secara umum, akan ada overwiew di ProBlogger summer tahun ini. Ulasan menarik lainnya terdapat di posting “11 Lessons Learned” dari Darren tentang Amazon Associates dan bagaimana cara memaksimalkan program afiliasi ini.)

Jika tertarik, klik tab Monetize di dashboard Blogspot dan klik Amazon Associates. Ikuti petunjuk cara pemasangannya (setup wizard), dan tambahkan Product Finder jika sudah selesai.

Now for the fun part, saat menulis posting di Blogger, Anda akan melihat gadget Amazon di sebelah kanan dari editor posting (yang disebut “Product Finder”). Anda bisa mencari katalog produk Amazon langsung dari Blogger, tinggal ketik nama produk yang sedang ditulis, klik  untuk memasukkan tautan atau gambar (atau dua-duanya) dari produk tersebut, atau iframe yang ada gambar, detil harga dan tombol “Buy from amazon.com”  untuk melakukan pembelian. Setiap link (tautan) memiliki Associates ID Anda yang unik, sehingga Amazon  akan memberi Anda penghargaan atas semua pembelian yang dibuat oleh para pembaca blog yang melakukan klik pada tautan (link) di blog Anda.

Jika sudah mempunyai akun di Amazon Associate, dengan menyelesaikan proses setup ini akan dengan sendirinya menghadirkan Product Finder di Blogger. Anda akan terus mendapatkan komisi yang sama dari Amazon. Pemilik akun Associates yang baru menerima komisi yang sama dari Amazon jika mereka mendaftar secara langsung.

Jika tidak tertarik untuk mendapatkan komisi (referral), Anda masih bisa meng-instal Product Finder. Dari halaman Amazon Associates di tab Monetize, klik I'll do this later - show me more Amazon Options, dan kemudian klik tombol Add the Product Finder.

Tentang Kepercayaan. Program afiliasi berjalan dengan baik jika para pembaca mempercayai Anda. Anda tidak seharusnya mempromosikan produk hanya karena komisi yang akan Anda terima, karena pembaca akan kehilangan kepercayaan jika mereka merasa bahwa artikel atau postingan Anda ditulis hanyalah semata-mata untuk mendapatkan uang. Ada baiknya jika para pembaca diberi "bocoran"  bahwa Anda akan mendapatkan komisi atas pembelian yang mereka lakukan dengan meng-klik tautan di blog Anda. Beberapa pembaca bahkan mungkin merasa senang jika Anda mendapatkan keuntungan dari kegiatan bisnis mereka.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai integrasi ini kunjungi Amazon.com, dan juga blog Amazon Associates yang memiliki lebih banyak detil. Integrasi ini merupakan hasil dari berbulan-bulan kolaborasi antara engineers dari kedua perusahaan kami, dan kami sangat bahagia bisa berbagi hasil kolaborasi ini dengan Anda.

Happy blogging!

Bookmark and Share

Artikel Rekomendasi:

- Bagaimana Cara Memunculkan Gadget Product Finder Amazon Associates di Blogger Blogspot

Klik di sini membawa Anda ke AndresTutorialBlog.blogspot.com

Klik di sini untuk ke DownloadMyFreeMP3.blogspot.com - download my own free mp3



---

0 comments:

Posting Komentar

--------------------------------------------------------------------

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

--------------------------------------------------------------------

--------------------------------------------------------------------

--------------------------------------------------------------------